Bumi Terancam Tabrakan Asteroid

Baca posting ini, mungkin dapat menambah ilmu anda…

atau mungkin menambah ketakutan anda…

Sebuah asteroid yang diberi nama Apophis akan melintas pada posisi terdekat dengan Bumi pada 13 April 2036. Peluangnya menabrak Bumi 1 berbanding 45.000. Meski peluang tabrakan dengan Bumi relatif kecil, Badan Antariksa AS (NASA) telah mendeteksi ratusan bahkan ribuan asteroid yang saat ini tengah bergerak mendekati Bumi. Bahkan, NASA telah diberi mandat Konggres AS untuk mengamati secara lebih rinci pergerakan asteroid-asteroid yang melintas ke arah Bumi.

“Tidak hanya Apophis yang kami amati. Setiap negara berisiko terancam. Kami membutuhkan prinsip-prinsip dasar untuk menghadapi masalah ini,” ungkap Rusty Schweickart, mantan astronot Apollo 9 yang mengorbit Bumi pada tahun 1969, di depan konferensi Asosiasi untuk kemajuan Sains Amerika (AAAS). Ia juga akan menyampaikan usulan penyusunan cetak biru untuk menghadapai ancaman asteroid di depan kepada Komite PBB Pemanfaatan Ruang Angkasa untuk Tujuan Damai minggu depan.

Schweickart menambahkan, sejumlah mantan astronot dan kosmonot yang tergabung dalam Asosiasi Penjelajahan Ruang Angkasa berencana menggelar rangkaian workshop tingkat tinggi untuk mendiskusikan langkah yang dibutuhkan. Hasil kegiatan ini akan dijadikan dasar penyusunan proposal resmi yang akan diajukan kepada PBB pada tahun 2009. Harapannya, PBB dapat mengadopsi metode tersebut untuk menghadapi setiap ancaman asteroid dan dapat menentukan kapan dan apa yang harus dilakukan.

Foto asteroid bernama 243 Ida yang diambil wahana Galileo milik NASA pada tahun 2003.

Salah satu pendekatan jitu yang telah mengemuka saat ini adalah mengubah jalur pergerakan asteroid dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Ed Lu, mantan astronot yang pernah bertugas di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), menyatakan sebuah wahana mungkin sebaiknya dikirim ke sana sebagai Traktor Gravitasi yang akan menarik asteroid sedikit demi sedikit sehingga jalurnya berbelok. Sebaliknya, menghancurkan sebuah asteroid dengan bom atom seperti yang digambarkan film-film fiksi ilmiah, menurutnya, justru memperbesar peluang pecahan-pecahannya menabrak Bumi.

Untuk membelokkan asteroid seukuran Apophis yang panjangnya mencapai 140 meter dibutuhkan waktu sekitar 12 hari. Meskipun demikian, NASA memperkirakan pengaruh gaya tarik sangat tergantung jenis batuan yang menyusun asteroid dan sudut kerjanya. Biaya yang dibutuhkan diperkirakan sekitar 300 juta dollar AS. Makin cepat diluncurkan, makin sedikit energi dan ongkos yang dibutuhkan. Tingkat keberhasilannya menjauhkan dari Bumi juga semakin besar.

9 Tanggapan

  1. Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

  2. subhanallah, memang jika tidak akan menabrak bumi, tetap saja akan menabrak planet X(nibiru0 di 2053 mendatang. kita sebagai manusia tidak bisa membatal kan kehendak Allah.swt.

  3. Yach,abiz mau gimana lagi??Khan smua yang da dalam kehidupan Qta udah digariskan dalam takdir Tuhan YME,yang harus Qta lakuin sekarang ya cuma berusaha & berdoa aja.Makanya yang ngerasa pada punya dosa CEPATLAH BERTOBAT…!!!H3H3……

  4. Jika pernyataan itu terjadi, bagaimana kalo seluruh penduduk di Bumi meminta keterangannya untuk bagaimana untuk menghancuri asteroid itu, atau mengalihkannya terhadap asteroid yang lain.

  5. kita sudah dipercaya ama tuhan untuk menjaga bumi kita ini. untuk itu kita harus berusaha menjaga dan melindungi bumi kita
    BETUL . . . . . . . .

  6. artikelnya bagus bagus,, tapi masih kurang banyak dgn yang saya lihat di “www.xvolution.co.cc” disana ada videonya,, yaa walaupun dari youtube,, tapi bikin mudah kita waktucari video,,saya kasihsaran tambah aja video di blog ini…

  7. waduh….

    kalo beneran terjadi, ini akan mengulang sejarah yang terjadi ketika jaman dinosaurus…

    apa hal itu akan terjadi lagi..???

    • waduh..gag tau juga, tapi namanya musibah datangnya kan tiba”?? kita cuma butuh persiapan buat hari nanti…tiap ada kehidupan toh pasti ada akhirnya…

  8. wah kalau hal itu terjadi….apa kehidupan masih bisa berlanjut gak ya…..but semua itu toh yang ngatur yang diatas…ya khannnnnnnnn…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: